Machine Jigsaw / Mesin Gergaji Ukir

Mesin Jigsaw atau gergaji mesin adalah alat yang menggunakan logam pemotong yang keras atau kawat dengan tepi kasar untuk memotong bahan yang lebih lunak. Tepi logam pemotong terlihat bergerigi atau kasar. Gergaji mesin ini dapat digunakan dengan didukung listrik. Selengkapnya kunjungi halaman ini => https://kinghardware.co.id/product-category/power-tools/mesin-pemotong/mesin-gergaji-ukir/

JigSaw seringkali disebut gergaji ukir, karena memang jigsaw adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk memotong atau menggergaji (kebanyakan kayu) dengan bentuk apa saja mulai dari bentuk kurva yang melengkung-lengkung hingga yang lurus-lurus. Jadi kelebihan jigsaw adalah dapat memotong dengan pola yang tidak lurus karena gergaji lain rata-rata hanya bisa memotong lurus-lurus saja. Prinsip kerjanya gergaji jigsaw bergerak naik turun saat memotong.

Prinsip Kerja Mesin Jigsaw

Dalam mempergunakan mesin jigsaw tentunya berdasarkan prinsip kerja mesin jigsaw. Adapun prinsip kerja mesin jigsaw adalah sebagai berikut:

  1. Mesin yang mempunyai selang gurdi, sekrup sayap dan sebagainya, mesin tidak dibatasi oleh operasi penggurdian.
  2. Mesin dihidupkan dengan menekan saklar sumber daya listrik, mata gergaji naik turun dan bantalan benda kerja diarahkan ke benda kerja yang akan dipotong sesuai ukuran yang diinginkan dan menghasilkan serbuk kayu.

 

Cara Pengoperasian Mesin Jigsaw

Terdapat beberapa tahap dalam pengoperasian mesin jigsaw. Berikut merupakan cara mengoperasikan mesin jigsaw:

  1. Meletakkan benda kerja berupa papan, triplek, besi kotak dan sebaginya pada penopang kayu atau besi yang kokoh dan rata.
  2. Membuka dua plastik pelindung.
  3. Memasang mata pisau sesuai dengan benda kerja yang akan dipotong menggunakan kunci L dan mengencangkan (arah mata pisau ke depan). Memasang plastik pelindung pisau.
  4. Mengatur tingkat akurasi pemotongan dengan Guide Rule (jika pemotongan lurus).
  5. Mengatur kecepatan sesuai dengan ketebalan benda kerja .
  6. Memasang kabel penghubung ke stop kontak dan memastikan kabel dalam kondisi normal, aman, tidak melilit dan tidak ketarik.
  7. Menghidupkan mesin dengan menekan dan menahan tombol trigger, jika pemotongan berlangsung lama bisa memindahkan ke arah belakang tombol Lock Lever.
  8. Mengarahkan mesin ke depan secara perlahan-lahan sampai benda kerja terpotong dengan sempurna.

Mematikan mesin dengan mengarahkan ke depan tombol Lock Lever dan melepaskan tombol.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *